Industri Lokal Unjuk Teknologi Modern Drone pada Pameran IDE 2023

1691978852-WhatsApp Image 2023-08-13 at 12.48.09 PM (1).jpeg

Kementerian Perindustrian dan industri drone nasional yang bernaung di bawah Asosiasi Sistem & Teknologi Tanpa Awak (ASTTA) berpartisipasi pada perhelatan Pameran Indonesia Drone Expo (IDE) yang dilaksanakan tanggal 10-12 Agsutus 2023 di Jakarta International Expo  Kemayoran. Pameran Indonesia Drone Expo 2023 merupakan ajang terkemuka dan menjadi kesempatan yang baik bagi industri dalam negeri untuk membangun jejaring dan kontak bisnis. Dalam rangkaian acara pameran, juga dilaksanakan business matching yang bertujuan untuk mempertemukan industri dalam negeri dan calon pengguna, seperti industri, pemerintah pusat dan daerah, serta BUMN dan terus berupaya untuk membangun industri drone di dalam negeri dan mewujudkan peningkatan penggunaan produksi dalam negeri (P3DN)

Melalui Business Matching Sektor Drone Produksi Dalam Negeri telah menghasilkan penandatanganan MoU antara PT. Bentara Tabang Nusantara (PT BETA) dan PT Terra Drone Indonesia serta kerjasama antara PT. Inovasi Solusi Transportasi Indonesia (PT ISTI) dan PT Tera Data Indonusa.

Kerjasama antara PT BETA selaku industri manufaktur drone di Indonesia dan PT Terra Drone - perusahaan penyedia jasa drone terbesar di dunia yang berasal dari Jepang mengumumkan kerjasama strategis untuk mengekspor drone produksi dalam negeri ke pasar internasional. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian pengadaan 40 unit drone RAYBE.

“Kami bangga dapat menjalin kerja sama strategis dengan Terra Drone dalam upaya menghadirkan RAYBE ke pasar global. Ini adalah langkah penting dalam memperkuat posisi teknologi drone lokal Indonesia di pasar internasional,” kata Indra Permana Sopian, CEO BETA-UAS.

“Kami mendukung industri drone dalam negeri untuk terus meningkatkan kualitas dan nilai TKDN-nya agar dapat mensuplai kebutuhan dan mendukung program-program pemerintah,” ucap  Yan Sibarang Tandiele, selaku  Sekretaris Ditjen ILMATE, Kementerian Perindustrian RI.

Yan menambahkan bahwa sejalan dengan transformasi digital di berbagai aspek perekonomian, Kemenperin terus mendukung pengembangan industri drone di dalam negeri agar lebih inovatif dan berdaya saing. Indonesia sendiri sudah mampu memproduksi drone yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti pemetaan, pertanian dan sektor manufaktur. Beberapa produk drone dari Indonesia adalah:

  1. Vertic drone, yang digunakan untuk layanan pemetaan udara;
  2. Agri Sprayer Drone, yang digunakan untuk keperluan pertanian;
  3. VTOL Drone, digunakan untuk teknologi penginderaan jauh seperti pemetaan, pemantauan, dan inspeksi;
  4. LIDAR Drone, pemetaan drone yang memenuhi standar praktik industri.
  5. 5.Smart Farming, yang digunakan untuk keperluan pertanian

Demikian Siaran Pers ini untuk disebarluaskan.

 

Jakarta, 10 Agustus 2023

Penulis       : Eva Maria

Editor         : Danang Krisna Yudha

Bagikan Berita Ini :

Berita Lainnya :