IoT Makers Creation 2019 Dorong Talenta Lokal di Bidang IoT

1569893181-iot-makers-creation-2019-dorong-talenta-lokal-di-bidang-iot-cC0c6ZWX2A.jpg

JAKARTA - Asosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI) mengumumkan pemenang program IoT Makers Creation 2019.

Program ini merupakan kolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mencari potensi terbentuknya startup lokal, yang fokus mengembangkan solusi Internet of Things dari berbagai daerah di Indonesia.

Harjanto, Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin mengatakan kompetisi ini merupakan bagian dari rangkaian program pencarian, pembekalan, hingga mendorong talenta lokal di bidang IoT.

IoT merupakan salah satu pilar teknologi dalam Industri 4.0. Agar bisa terbentuk menjadi startup lokal yang fokus mengembangkan solusi IoT dari berbagai daerah di Indonesia, maka harus didorong bersama oleh seluruh pemangku kepentingan,” kata Harjanto.

Menurut Harjanto peran pemerintah tidak cukup jika hanya menjadi policy maker dan regulator, namun perlu untuk menjadi fasilitator agar Indonesia bisa menangkap peluang era digitalisasi dengan maksimal.

Program IoT Makers 2019 diadakan di 10 Kota yakni Mataram, Bogor, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makassar, Medan, dan Tangerang. Kemudian, terpilihlah tiga terbaik dari ratusan peserta.

Adapun tiga pemenang IoT Makers Creation 2019 yakni Elco_Thunder, Rene_Team, dan Klik Ternak.

Ketiganya berhasil masuk dalam 10 besar finalis yang berkesempatan memamerkan solusinya pada pameran e2ecommerce Indonesia in collaboration with IoT Makers Creation di Jakarta, dari 100 karya yang masuk ke panita kompetisi.

Nantinya, karya dari pemenang Kompetisi IoT Makers Creation 2019 ini akan masuk tahap inkubasi hingga keluar produk yang siap untuk dikomersialkan.

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 26 September 2019 13:27 WIB

Sumber : https://techno.okezone.com/read/2019/09/26/207/2109583/iot-makers-creation-2019-dorong-talenta-lokal-di-bidang-iot?page=

Tag :
Bagikan Berita Ini :

Berita Lainnya :